Dampak negatif menggunakan windows ilegal

Windows
Windows adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh microsoft dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Windows versi pertama adalah windows graphic environment 1.0 yang diperkenalkan pada 10 November 1983 namun pertama kali dipasarkan pada Novembar 1985 yang dibuat untuk kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan sistem operasi 16-bit tambahan sehingga tidak dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Microsoft windows kemudian berkembang dan mampu  menguasai sistem operasi hingga 90%.

Versi windows yang telah diluncurkan cukup banyak. Versi yang paling baru adalah windows 10 yang diperkenalkan pada tanggal  30 September 2014. Windows 10 diperkenalkan dengan tujuan mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna yang diperkenalkan oleh windows 8 dengan menambahkan mekanik tembahan untuk meningkatkan pengalaman untuk perangkat yang bukan layar sentuh seperti komputer atau laptop.

Karena windows adalah SO yang paling banyak digunakan maka ini sering dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk mengambil keuntungan. Salah satu caranya adalah membuat SO yang mirip dengan windows yang dikenal dengan windows bajakan. Windows ini tentu sangat rentan karena pembuatnyapun tidak dikenali. Selain itu masih banyak dampak buruk yang dapat terjadi jika kita menggunakan windows bajakan. Lalu apa saja dampak buruknya?. Berikut adalah ulasannya:

Sering muncul pesan Activation window now

Ini adalah pesan yang biasa muncul jika window yang dipakai adalah bajakan atau juga window yang belum diaktivasi. Kemunculan pesan ini tentunya akan mengganggu kita dalam menjalankan komputer/laptop. Namun jika pesan ini diabaikan terus maka yang terjadi adalah hilangnya tampilan window, sehingga tampilan hanya gelap, hitam dan tak dapat digunakan sama sekali.

Komputer tidak bisa digunakan

Menggunakan window bajakan akan menyebabkan komputer tidak bisa digunakan karena pesan agar window di aktivasi diabaikan dan memang window bajakan tidak bisa di aktivasi.

Beberapa fitur tidak bisa dijalankan

Menggunakan window ilegal akan membuat beberapa fitur tidak dapat bekerja optimal bahkan tidak bisa dijalankan sama sekali. Misalkan pada windows 8, terdapat fitur pengaturan mengganti background untuk start screen dan fitur sync tidak dapat dijalankan sama sekali pada windows ilegal.

Tidak bisa menjalankan windows update

Update window sebenarnya sangat diperlukan agar OS bekerja maksimal. Selain itu, Update window dapat menjaga keamanan komputer daris serangan virus, bug dan lainnya. Tetapi windows ilegal tidak bisa menjalankan update sehingga keamanan menjadi rentan.

Melakukan pelanggaran hukum

Ini sudah pasti, menggunakan software atau barang bajakan dilarang keras dimanapun juga dan dapat dikenai pasal tertentu atau hukuman tertentu. Tetapi itupun kalau diketahui.

Tidak ada jaminan privasi

Windows bajakan adalah windows yang kita sendiri tidak tahu siapa yang membuatnya. Sehingga windows bajakan mungkin saja disusupi software jahat atau merusak oleh si pembuat yang tidak diketahui itu. Ini menunjukkan bahwa tidak ada jaminan privasi atau keamanan bagi windows bajakan.

Dapat merusak komputer

Windows bajakan tidak memiliki privasi dan rentang terhadap keamanan sehingga ini memperbesar peluang merusak komputer. Bisa kita bayangkan sendiri apabila dalam windows ilegal itu terdapat software perusak atau virus ganas maka apa jadinya dengan komputer yang kita miliki.

Kinerja komputer menjadi kacau

Windows ilegal sangat mungkin mengandung virus yang berbahaya bagi komputer. Bila virus itu telah masuk ke dalam komputer maka yang terjadi adalah kinerja komputer yang kacau dan yang paling parah adalah matinya komputer itu.

Tempat bersarangnya malware dan virus

Windows ilegal adalah sarang bagi virus dan malware. Malware mungkin saja akan mencuri data-data penting yang rahasia atau hanya untuk pribadi. Bahkan malware dapat mencuri data rekening bank jika windows yang digunakan ilegal. Sedangkan virus diciptakan untuk merusak komputer yang disimpan dalam sebuaah perangkat dan virus mudah berkembang biak pada windows bajakan. Jadi berhati-hatilah jika kita akan menggunakan windows ilegal.
Dampak negatif menggunakan windows ilegal Dampak negatif menggunakan windows ilegal Reviewed by Johan Akhmadin on Saturday, February 20, 2016 Rating: 5
Powered by Blogger.