Virus

Virus


Virus berasal dari kata latin yang berarti racun. Virus adalah makhluk yang sangat kecil bahkan lebih kecil daripada bakteri, dengan ukuran antara 20-300 milimikron. Karena ukurannya sangat kecil dari bakteri sehingga hanya dapat dilihat jelas degan mikrosk elektron dan disebut organisme subrenik.

Ciri-ciri Virus

1. Struktur tubuh virus terdiri atas pembungkus atau selubung yang tersusun atas protein. Satu unit protein pembentuk kapsid disebut kapsomer.
2. Bagian bahan inti yang terdiri atas asam nukleat yakni terdiri atas DNA saja atau RNA saja.
3. Tidak mempuyai protoplasma.
4. Memiliki serabut ekor.
5. Bagian kepala berbentuk polihedral.

Sifat-sifat virus

1. Virus merupakan makhluk peralihan antara benda dan makhluk hidup.
2. Berdasarkan ciri-cirinya yang tidak mempunyai protoplasma dan dapat dikristalkan maka virus digolongkan dalam benda. Tetapi bila ditinjau dari kemampuannya melakukan metabolisme dan bereproduksi dan memiliki asam nukleat brupa DNA dan RNA maka virus digolongkanke dalam makhluk hidup.
3. Virus melekatkan dirinya kepermukaan sel hidup suatu organisme, kemudian masuk ke dalanya dan memakai protoplasma sel itu untuk bereproduksi.
4. Setiap jenis virus dapat menjangkiti dan menumpang hanya pada tempat-tempat tertentu pada sel inangnya.
5. Sejumlah virus dapat hidup pada lebih dari satu inangnya. Tetapi terdapat juga virus yang hanya hidup pada satu spesies atau bahkan satu macam jaringan.

Perkembangbiakan virus

Cara perkembangbiakan virus disebut proliferasi. Dalam keadaan bebas virus tidak dapat mengadakan proliferasi.

Virus yang menguntungkan

Walaupun kita tahu virus lebih banyak merugikan akan tetapi masih ada juga virus yang menguntungkan. Dalam bidang rekayasa genetika, virus banyak dipakai dalam penelitian dan percobaan kedokteran. Virus bahkan banyak digunakan untuk mengobati penyakit menular dan untuk membuat peta kromosom.

Virus yang merugikan

Virus dikatakan merugikan karena dapat menyebabkan penyakit pada manusia, hewan dan tumbuh tumbuhan. Penyakit yang disebabka oleh virus pada manusia antara lain:
1. Polio Mielitis
2. Cacar
3. Influensa
4. Hepatitis
5. Campak
6. Rabies
7. Trakom (radang selaput mata)
8. Demam berdarah
9. Herpes simpleks
10. Gondong
11. AIDS
Penyakit yang disebabkan oleh virus pada hewan antara lain:
1. Penyakit kuku dan mulut pada sapi dan kerbau.
2. Rabies pada anjing, monyet, dan kucing.
3. Tetelo pada ayam
Penyakit virus pada tumbuhan:
1. Mosaik (bercak kuning) pada tanaman tembakau, kentang, dan tomat.
2. CVPD yaitu penyakit yang menyerang pembuluh tapis pada jeruk.

Pencegahan diri dari serangan virus

Pencegahan dapat dilakukan bila tubuh belum terserang virus. Caranya adalah dengan pemberian vaksin sehingga muncul kekebalan tubuh terhadap serangan virus. Vaksi adalah suatu zat cair yang mengandung patogen yang sudah dilemahkan.
Pengobatan dilakukan bila virus sudah masuk ke dalam tubuh. Caranya adalah dengan pemberian serum. Serum ini adalah darah hewan atau manusia yang sudah mengandung antibodi.
Virus Virus Reviewed by Johan Akhmadin on Thursday, September 03, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.