Skenario pembelajaran hukum-hukum Newton

Skenario Pembelajaran hukum Newton

Pendahuluan

1. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa
2. Guru mengajukan pertanyaan apersepsi tentang hokum Newton yaitu sebagai berikut:

a. Masih ingatkah kalian, ada berapakah hokum Newton? Sebutkan!
b. Menceritakan apakah hokum Newton itu?
c. Apa yang dimaksud dengan gaya?

3. Guru kembali mengajukan pertanyaan untuk menggali konsepsi awal siswa tentang hokum Newton yaitu sebagai berikut:

a. Apa yang terjadi dengan benda jika dikenai gaya?
b. Bagaimanakah geraknya (glb atau glbb)
c. Apa yang terjadi dengan gerak benda jika resultan gaya yang bekerja pada benda itu nol? Jelaskan!
d. Bagaimanakah sifat dari sebuah gaya?

4. Siswa diberi informasi bahwa untuk mengetahui jawaban yang benar dari pertanyaan-pertanyaan di atas, kalian harus melakukan percobaan dan diskusi.

5. Guru menyampaikan materi pelajaran yang akan dibahas yaitu hokum Newton dan kompetensi yang akan dicapai siswa yaitu dapat memahami dan menerapkan hokum Newton untuk memecahkan berbagai masalah.

Kegiatan inti

1. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 anggota setiap kelompoknya.
2. Tiap kelompok diberi Lembar Kegiatan Siswa sebagai pedoman siswa dalam melakukan percobaan dan diskusi.
3. Siswa melakukan percobaan dan diskusi dalam kelompoknya masing-masing
4. Selama siswa melakukan percobaan, guru terus mengawasi dan membimbing siswa.
5. Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
6. Setelah siswa selesai melakukan diskusi dan presentasi, guru memberikan koreksi dan penguatan yaitu sebagai beikut:
Hukum 1 Newton menyatakan jika resultan gaya yang berkerja pada sebuah benda nol (∑F = 0)
Hukum II Newton menceritakan pengaruh gaya terhadap gerak sebuah benda. Jika sebuah benda dikenai gaya maka benda itu akan bergerak dipercepat (GLBB). Besar percepatan ini sebanding dengan gaya dan berbanding terbalik dengan massa. Jadi, jika kedua hubungan itu digabungkan maka diperoleh a = F/m. Hubungan ini berlaku ketika gaya yang bekerja pada benda hanya satu. Jika gaya yang bekeja pada benda lebih dari satu, maka gaya F pada persamaan adalah resultannya ( a = ∑F / m). Ini adalah pernyataan hokum II Newton.
Hukum III Newton menceritakan bahwa gaya terjadinya selalu berpasangan. Ketika kalian mendorong balok (memberikan gaya aksi) maka kalian merasakan dorongan balik dari balok (memberikan gaya reaksi). Besar gaya aksi dan reaksi sama tapi arahnya berlawanan. Jadi, secara matematis Faksi = - Freaksi , ini adalah pernyataan hukum III Newton.

Penutup

1. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran yang telah dilakukan
2. Siswa diberi tugas individu dan informasi tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu jenis-jenis gaya.
3. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.

LKS untuk diskusi siswa

A. Tujuan Diskusi
Memahami hukum-hukum Newton tentang gerak

B. Prosedur percobaan

Percobaan 1

1. Letakkan satu lembar kertas di atas permukaan yang licin. Kemudian letakkan silinder logam dengan posisi mendatar di atas kertas tersebut.
2. Tariklah kertas perlahan-lahan tanpa sentakan, bergerakkah silinder terhadap meja? kemudian hentikan tarikanmu secara mendadak, bagaimana keadaan silinder tersebut?
3. Gantilah silinder dengan balok, kemudian ulangi kegiatan seperti no 2?
4. Tulislah kesimpulan yang kamu peroleh!

Percobaan 2

1. Letakkan sebuah balok di atas meja, kemudian doronglah dengan satu sentuhan dengan tanganmu. Menurutmu, bagaimanakah gerak balok tersebut (mengalami percepatan atau kecepatan tetap)? Jelaskan!
2. Doronglah kembali dengan satu sentuhan balok tersebut tetapi dengan gaya yang lebih besar. Menurutmu, jika dibandingkan dengan gerak balok yang pertama, manakah yang lebih cepat geraknya?
3. Bagaimanakah hubungan antara gaya dengan percepatan (sebanding atau berbanding terbalik)? Tuliskan hubungan itu secara matematis!
4. Letakkan dua buah balok yang massanya berbeda di atas meja. Kemudian, doronglah dengan tanganmu sekali sentuhan dengan gaya yang sama. Menurutmu, manakah yang lebih cepat geraknya, balok yang massanya lebih besar atau lebih kecil? Jelaskan!
5. Bagaimanakah hubungan antara percepatan dengan massa (sebanding atau berbanding terbalik)? Tuliskan hubungan itu secara matematis!
6. Bagaimanakah persamaan percepatan sebuah benda yang bergerak (gabungkan hubungan yang diperoleh pada no 3 dengan no 5)?

D. Pertanyaan

1. Hukum I Newton disebut juga hukum Kelembaman, jelaskan maksudnya?
2. Jika kamu naik mobil yang melaju kencang dan tiba-tiba mobil direm, maka kamu terdorong kedepan. Jelaskan mengapa?
3. Ketika kamu mendorong balok pada percobaan 2, apakah tanganmu merasakan dorongan balik yang dilakukan balok. Apa artinya? Gaya apa yang dikerjakan balok itu? Kemanakah arahnya?

Skenario pembelajaran hukum-hukum Newton Skenario pembelajaran hukum-hukum Newton Reviewed by Johan Akhmadin on Monday, August 31, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.