Cara Menambah Gadget Pada Blog

Cara Menambah Gadget Pada Blog

Kegunaan Gadget pada blog sangat banyak, sebagai contoh adalah kita bisa menampilkan Label, Laman, Pesan, Profil, dan lainnya pada blog. Gadget pada blogger ada 2 macam, pertama adalah Gagget yang sudah ada diblog sehingga pengguna tinggal memilih Gadget mana yang akan dipakai. Kedua adalah Gadget yang berasal dari luar blogger. Untuk memasang Gadget dari luar blogger, cara memasangnya adalah dengan mengcopy-pastekan kode HTML ke dalam Gadget HTML/Javascript yang terdapat pada blogger. Berikut ini adalah langkah-langkah menambah Gadget pada blog.
Pertama-tama adalah anda buka terlebih dahulu akun blogger anda kemudian pilih Tata Letak sehingga muncul tampilan dibawah ini.

Menambah Gadget di blog

Kemudian klik Tambahkan Gadget (Add Gadget). Anda bebas memilih Tambahkan Gadget yang akan digunakan. Setelah diklik akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

Memilih gadget

Kemudian anda tinggal pilih jenis Gadget yang akan di pilih. Jenis Gadget yang pertama sekitar ada 27 pilihan sedangkan Jenis Gadget kedua (dasar-dasar Gadget) ada sekitar 900 pilihan. Anda bisa memilihnya lebih dari satu, tergantung kebutuhan dan keinginan anda. Sekarang, saya misalkan jenis Gadget yang dipilih adalah Label, maka klik Label sehingga muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

Memberi judul label

Lalu anda isi judul Label (bebas) dan jika tidak diisi pun tidak apa-apa. Lalu pilih Edit jika tidak semua Label postingan blog ditampilkan. Jika Edit diklik muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

Memilih label

Tanda Centang menunjukkan jenis label yang akan ditampilkan. Jika Label tersebut tidak ingin ditampilkan, anda tinggal hilangkan saja tanda Centangnya. Kalau sudah pilih simpan. Selesai dan anda bisa melihat hasilnya dihalaman awal blog anda.

Nah itu dia cara menambah Gadget langsung dari blogger. Namun kadangkala kita ingin memasukkan Gadget dari luar blog. Sebagai contoh adalah Gadget Histats untuk mengetahui statistik blog. Caranya adalah anda Copy kode HTML / Javascriptnya kemudian pilih Tata Letak Tambah Gadget HTML/Javascript seperti tampilan dibawah ini:

Memilih HTML/Javascript

Pastekan kode tadi di Konten seperti gambar dibawah ini:

Cara menambah gadget di blog

Setelah itu jangan lupa isi Judul walaupun tidak diisi pun tidak apa-apa. Pilih Sinpan lalu anda bisa lihat sendiri hasilnya dihalaman blog anda. Anda bisa menambah Gadget-gadget yang lainnya di blog dengan cara yang hampir sama dengan cara diatas.
Cara Menambah Gadget Pada Blog Cara Menambah Gadget Pada Blog Reviewed by Johan Akhmadin on Sunday, September 06, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.