Cara Menggunakan Microsoft Excel

CARA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL

Microsoft excel merupakan fitur perhitungan data, pembuatan tabel, pembuatan grafik, pembuatan dokumen dan bahasa pemograman makro yang banyak sekali manfaatnya. Jadi sangat disayangkan jika fitur ini tidak dimanfaatkan atau kita tidak bisa menggunakannya. Berikut adalah penjelasan sederhana tentang cara menggunakan microsoft excel sampai kita bisa menge-print data excel.

Pertama-tama buka microsoft excel dikomputer anda maka muncul tampilan seperti berikut.

Menggunakan microsoft excel














Agar mudah dalam proses mengatur penulisan atau pengeprint-an, atur terlebih dahulu ukuran kertas yang akan digunakan. Caranya adalah klik Page Layout lalu pilih Size.

Menggunakan microsoft excel



















Anda bebas memilih ukuran kertas yang akan digunakan. Jika orientasi kertas Landscape anda tinggal klik Orientasi lalu pilih Landscape seperti gambar dibawah.

Menggunakan microsoft Excel
















Untuk mengatur margin anda klik More Pages Size sehingga tampilan seperti dibawah ini.

Menggunakan microsoft excel


Jika sudah diatur marginnya, anda klik OK. Tah, itu adalah cara mengatur ukuran kertas pada Excel. Setelah itu, untuk membuat Judul tulisan, anda ketik biasa seperti contoh dibawah ini.

Menggunakan microsoft Excel


Untuk mengatur letak tulisan, misalkan letak tulisan ditengah-tengah maka caranya adalah anda blok judul tersebut sampai batas garis kertas lalu anda klik Merge & Center.

Menggunakan microsoft excel


Merge Across jika tulisan tetap disisi kiri (Merge berguna untuk menyatukan beberapa cell menjadi satu cell). Namun adakalanya tulisan yang kita buat melebihi batas kertas yang digunakan, contohnya seperti ini.

Menggunakan microsoft excel













Cara mengatasinya adalah anda blok tulisan tersebut sampai batas kertas lalu Merge & Centre, ubah ukuran tinggi cell secukupnya lalu klik Wrap text (diatas Merge). Untuk pengatur posisi tulisan gunakan Alignment.

Menggunakan microsoft excel

Untuk membuat tabel pada excel adalah anda blok cell-cell yang akan dibuat menjadi tabel.

Menggunakan microsoft excel


Lalu klik kanan dan pilih Format Cells sehingga muncul tampilan seperti dibawah ini.

Menggunakan microsoft excel
Pilih Border lalu anda pilih jenis garis yang akan digunakan seperti gambar dibawah ini.

Menggunakan microsoft excel
Maka hasilnya sebagai berikut:

Menggunakan microsoft excel

CARA PRINT DOKUMEN EXCEL

Untuk mengeprint data excel caranya adalah anda tekan di keyboard Ctrl dan P bersamaan maka muncul tampilan sebagai berikut.

Menggunakan microsoft excel
Lalu anda isi Copies, Printer dan Pages Lalu klik Print. Namun adakalanya data yang ingin kita print tidak bisa ditentukan nomor halamannya maka caranya adalah anda blok data yang ingin anda print lalu klik Page Layout - Print Area - Set Print Area

Menggunakan microsoft excel

Setelah itu tekan Ctrl dan P  bersamaan lalu klik Print. Nah itu dia cara menggunakan Excel sampai print data excel. Tapi ingat, itu masih penggunaan excel yang sangat sederhana sekali. Yah, daripada tidak bisa sama sekali, tapi untuk melakukan sesuatu memang dimulai dari hal yang sederhana. Setelah itu, ya terserah anda!

Cara Menggunakan Microsoft Excel Cara Menggunakan Microsoft Excel Reviewed by Johan Akhmadin on Sunday, August 30, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.