Cara Membuat Diagram dan Grafik

CARA MEMBUAT DIAGRAM DAN GRAFIK

Pernah kita diminta untuk membuat diagram misalkan diagram batang atau lingkaran suatu nilai hasil belajar. Atau seorang mahasiswa yang ingin menggambarkan hasil penelitian kedalam sebuah diagram. Lalu bagaimana caranya?. Disini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara membuat diagram baik itu diagram batang, diagram lingkaran, diagram garis atau diagram lainnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:
Pertama-tama anda buka microsoft word (2007, 2010, 2013, intinya sama) lalu klik Insert kemudian Chart seperti gambar dibawah ini.

Membuat diagram dan grafik

















Lalu anda tinggal pilih diagram yang akan digunakan. Sebagai contoh saya ambil diagram yang pertama, diklik sehingga tampilan seperti dibawah.

Membuat diagram dan grafik














Lalu anda tinggal ganti Category 1, 2, 3, dan 4 serta Series lalu nilai-nilainya sesuai dengan data yang digunakan. Contohnya seperti dibawah ini.

Membuat diagram dan grafik
Maka hasilnya seperti gambar berikut:

Membuat diagram dan grafik
Untuk mengatur skala-skala caranya adalah anda klik kanan pada salah satu angka yang skalanya akan diatur. Contohnya seperti ini.

Membuat diagram dan grafik
Lalu anda klik format Axis sehingga tampilan seperti gambar berikut!

Membuat diagram dan grafik
Anda pilih Fixed lalu tentukan sendiri angka-angkanya. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Membuat diagram dan grafik
Maka bentuk diagramnya adalah sebagai berikut!

Membuat diagram dan grafik
Tah itu dia cara membuat diagram, bagaimana mudah bukan. Namun adakalanya kita ingin memberi judul dari diagram tersebut. Caranya adalah anda klik Layout lalu pilih Chart Title seperti gambar berikut.

Membuat diagram dan grafik

Lalu anda pilih letak judul yang akan digunakan. Setelah itu anda tinggal menuliskan judul diagramnya. Kemudian anda perhatikan, disamping kanan Chart Title ada Axis Title yang berguna untuk memberi nama sumbu mendatar atau sumbu vertikal. Silakan coba sendiri.

Menambah Category atau Series

Pada contoh diagram diatas banyak Category yang digunakan adalah 4 dan banyak Series adalah 3. Lalu bagaimana cara menambah Category atau Series yang kita gunakan. Caranya adalah anda klik Design lalu pilih Edit Data. Untuk menambah Category anda klik nomor colom yang ingin anda tambah Category-nya seperti gambar berikut.

Membuat diagram dan grafik






Lalu pilih Home kemudian Insert. Setelah itu anda tuliskan nama Category-nya dan nilai-nilainya. Untuk menambah Series anda klik nomor baris yang ingin ditambahkan Series-nya lalu lakukan langkah yang sama dengan menambah Category.

Membuat diagram dan grafik








Cara Membuat Diagram dan Grafik Cara Membuat Diagram dan Grafik Reviewed by Johan Akhmadin on Sunday, August 30, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.