Soal-soal fluida statis dan pembahasannya

SOAL-SOAL FLUIDA STATIS DAN PEMBAHASANNYA

Berikut ini adalah soal-soal fluida statis yang disertai pembahasannya. Soal fluida yang dibahas meliputi tekanan hidrostatis, prinsip Pascal dan Hukum Archimedes. Mudah-mudahan soal-soal ini bermanfaat buat semuanya. Bagi siswa, soal-soal ini dapat dijadikan bahan belajar dalam menghadapi ulangan harian, UTS, UAS, UKK, ujian nasional dan ujian lainnya. Bagi gurupun soal-soal ini dapat dijadikan soal-soal evaluasi pembelajaran terutama untuk mengukur tingkat pengetahuan. Oke langsung saja bisa dilihat sendiri soal-soalnya dibawah ini.

Sekedar Tahu

Utsman bin Affan r.a

Utsman bin Affan r.a adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang termasuk Khulafaur Rasyidin ke 3, Utsman r.a adalah seorang saudagar yang sangat kaya tetapi sangat dermawan. Ia juga berjasa dalam hal membukukan Al-Quran. Banyak bantuan ekonomi yang diberikannya pada umat islam diawal dakwah islam. Ia mendapat julukan Dzunnurain yang berarti yang memiliki dua cahaya. Julukan itu didapat karena ia menikahi putri kedua dan ketiga Rasulallah SAW yaitu Ruqayah dan Ummu Kaltsum.
Ustman bin Affan r.a masuk islam atas ajakan Abu Bakar r.a dan termasuk golongan orang yang pertama-tama masuk islam. Rasullah SAW sendiri menggambarkan Utsman r.a sebagai seorang yang jujur dan rendah hati diantara kaum muslimin. Diriwayatkan oleh imam muslim bahwa Aisyah r.a bertanya pada Rasullah SAW "Abu Bakar r.a masuk tapi engkau biasa saja dan tidak memberi perhatian khusus, lalu Umar r.a masuk engkaupun biasa saja dan tidak memberi perhatian khusus. Tetapi ketika Ustman r.a masuk engkau duduk dan membetulkan pakaian, mengapa?" Rasulallah SAW menjawab "Apakah aku tidak malu sedangkan malaikat saja malu padanya?".
Pada saat seruan hijrah pertama oleh Rasulullah SAW ke Habbasyiah karena meningkatnya tekanan kaum Quraisy terhadap umat islam, Ustman r.a bersama istri dan kaum muslim lainnya memenuhi seruan tersebut dan Hijrah ke Habbasyiah hingga tekanan kaum Quraisy reda. Tak lama tinggal diMekkah, Ustman r.a mengikuti Nabi SAW hijrah ke Madinah. Pada peristiwa Hudaibiyah, Ustman r.a disuruh oleh Rasullullah SAW untuk menemui Abu Sufyan di Mekkah. Utsman diperintahkan Nabi SAW Untuk menegaskan bahwa rombongan dari Madinah hanya akan beribadah di Ka'bah, lalu segera kembali ke Madinah, bukan untuk memerangi penduduk Mekkah.
Setelah wafatnya Umar bin Khattab r.a sebagai khalifah kedua diadakanlah musyawarah untuk memilih khalifah selanjutnya. Ada enam orang khalifah yang diusulkan yaitu Ali bin Abu Thalib r.a, Ustman bin Affan r.a, Abdul Rahman bin Auf r.a, Sa'ad bin Abi Waqas r.a, Zubair bin Awwam r.a dan Thalhah bin Ubaidillah. Suara rakya pada saat itu cenderung memilih Ustman r.a sebagai khalifah ketiga. Maka diangkatlah Ustman r.a yang berumur 70 tahun sebagai khalifah ketiga dan yang tertua. 
Selama massa jabatannya Ustman r.a banyak mengganti gubernur wilayah yang tidak cocok atau kurang cakap dan menggantikannya dengan yang lebih kredibel. Namun hal ini banyak menimbulkan sakit hati pejabat yang diturunkan sehingga mereka bersekongkol untuk membunuh khalifah.
Khalifah Ustman r.a dikepung oleh pemberontak selama 40 hari dimulai dari bulan Ramadhan hingga Dzulhijah. Beliau diberi 2 ultimatum oleh pemberontak yaitu mengundurkan diri atau dibunuh. Meski Ustman r.a mempunyai kekuatan untuk menyingkirkan pemberontak namun ia berprinsip untuk tidak menumpahkan darah sesama umat islam. Utsman akhirnya wafat sebagai Syahid dibulan Dzulhijah 35 H ketika pemberontak berhasil memasuki rumahnya dan membunuh Ustman r.a pada saat membaca Al-Qur'an. Ia dimakamkan di pemakaman Baqi di Madinah.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Utsman_bin_Affan

Soal-soal fluida statis dan pembahasannya Soal-soal fluida statis dan pembahasannya Reviewed by Johan Akhmadin on Monday, August 31, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.